Abstract :
Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan mendengar siswa/i SMK Hizbun najah NW Tempos pada tahun pelajaran 2017/2018 dengan mengajarkan fitur suprasegmental. Pada skripsi ini peneliti mencoba untuk menemukan jawaban dari sebuah pertanyaan: “Apakah pengajaran fitur suprasegmental dapat mengembangkan kemampuan mendengar siswa ?â€
Populasi dari penelitian ini semua kelas X SMK Hizbun najah yang terdiri dari dua kelas, XA 37 siswa dan XB 33 siswa. Dalam memilih sampel penelitian, peneliti menggunakan total sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa sebagai kelas control. Peneliti menggunakan “ tes bahasa inggris sebagai internasional komunikasi (TOEIC).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk eksperimen. Tekhnik pengumpulan data melalui tiga tahapan, oservasi, tes (pre-test, pos-test), dan interview. Data yang didapat dari observasi dan test dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Peneliti menggunakan t-test dan t-table dalam menganalisis data secara kuantitatif.
Berdasarkan finding dan diskusi, penulis bida menyimpulkan bahwa: mengajarkan fitur suprasegmental dapat mengembangkan keberhasilan mendengar siswa. Kesuksesan dari penelitian ini dapat dilihat dari bentuk perbandingan antara nilia T-Test dengan nilai T-Table, yangmana tingkatan perbandingannya adalah 68 dari (99%). Nilai itu menghasilkan angka 4.46. sementara itu hasil dari T-Test memperoleh angka 4.03. Olehkarena itu, perbandingan nilai T-Test adalah adalah lebih tinggi dari nilai yang ada pada T-Table.
Peneliti telah melakukan sebuah penelitian dan hasil dari penelitianitu sangatlah bermanfaat khususnya bagi guru bahasa Iggris. Peneliti berharap kepada semua Guru Bahasa Inggris untuk mengajarkan fitur-fitur suprasegmental untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan listening siwa.