Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui sejauh mana pengaruh dari metode TPR di dalam mempelajari kosakata. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan sebuah penelitian experimen dengan menggunakan one group pre-test and post test design.Populasinya berjumlah 34 siswa dan sampelnya menggunakan seluruh jumlah populasi. Pengumpulan data di lakukan dengan memberikan pre-test dan post-test kepada sampel penelitian dan t test di gunakan untuk menganalisis apakah hipotesis alternatip di terima atau tidak.
Analisis statistic menjelaskan bahwa nilai rata rata pada pre-test berjumlah 50.44 dan nilai rata rata pada kelas post-test berjumlah 74,41. Dengan tingkat kesulitan 5% , maka diperoleh t test lebih besar dari t table yang berarti bahwa metode TPR effective dalam meningkatkan pemahaman tentang kosakata. Ini juga di sarankan untuk melakukan penelitian menggunakan response method dalam mempelajari physical skill pada bahasa lain walaupun di tingkat yang berbeda. Terlebihlagi, peneliti juga menyarankan untuk melakukan penelitian dengan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.