Abstract :
Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) merupakan
model pembelajaran kelompok yang memberikan kesempatan kepada peserta
didik dalam membagikan hasil dan mencari informasi kepada kelompok
lainnya.Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah
menerima pembelajaran yang dapat memberikan perubahan baik pengetahuan,
pemahaman, sikap dan keterampilan peserta didik sehingga menjadi lebih baik
dari sebelumnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran
kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar
ekonomi siswa.Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS di SMA Sullamul Mubtadi Anjani
sebanyak 35 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data pada penelitian
ini menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran koopratif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ekonomi kelas X IPS SMA
Sullamul Mubtadi Anjani, dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas X SMA
Sullamul Mubtadi Anjani pada pra-tindakan sebesar 69,86, setelah dilakukan
tindakan pada siklus I meningkat menjadi 80,57, kemudian dilanjutkan pada
tindakan siklus II nilai rata-rata siswa berhasil mencapai nilai KKM yaitu 87,14.