Abstract :
Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh opini
audit, auditor client tenure, dan firm sizeterhadap kualitas audit pada perusahaan
makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia 2015-2019.
Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019, teknik pengambilan
sampel yang digunakan purposive sampling.Data populasi dalam penelitian yang
digunakan sebanyak 31 perusahaan dan di peroleh 7 sampel, adapun periode
penelitian ini adalah selama 5 tahun dari 2015-2019. Metode yang digunakan
adalah Statistik Penelitian Deskriptif, Uji Multikolonieritas, Analisis Regresi
Logistik, dan sedangkan Uji Hipotesis secara Parsial (Wald Test).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan
Statistic Product and Service Solution (SPSS), hipotesis pertama menunjukan
bahwa opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit karena
nilai signifikan lebih besar dari 0,05 (0,166>0,05), auditor client tenure tidak
berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit karena nilai signifikan lebih besar
dari 0,05 (0,211>0,05), dan firm size tidak berpengaruh signifikan terhadap
kualitas audit karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05 (0,662>0,05).