Abstract :
Inti dari eksplorasi ini adalah untuk lebih mengembangkan kemampuan
menulis bahasa Inggris siswa kelas 10 SMK Nahdlatul Wathan Suralaga dengan
memanfaatkan metode psyche planning. Pengujiannya adalah penelitian aktivitas.
Dalam mengarahkan ujian tersebut, analis termasuk pengajar bahasa Inggris,
siswa kelas X. Subjek yang di uji adalah 20 siswa kelas X SMK Nahdlatul
Wathan Suralaga tahun ajaran 2021/2022. penelitian ini adalah dalam bentuk
kuantitatif. Penelitian kuantitatif diperoleh dengan memperhatikan langkahlangkah pembelajaran yang mendidik selama pelaksanaan kegiatan siswa dan
rekan tentang kegiatan yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penggunaan perencanaan psyche itu layak untuk lebih mengembangkan
kemampuan menulis siswa. Pemanfaatan gambar-gambar cerah,perencanaan jiwa
pada tahap BKOF dan MOT ini menarik untuk membuat para siswa lebih
bersemangat dalam latihan mengarang. Semua siswa dapat memahami dan
bereaksi terhadap arahan dan penjelasan analisis. Latihan di tahap JCOT untuk
memanfaatkan perencanaan psyche sebagai prosedur penyusunan pra-penyusunan
bermanfaat untuk membantu siswa dalam menghasilkan atau mengkoordinasikan
pikiran mereka. Mereka juga dapat menggunakan kata-kata yang tepat yang
mereka temukan untuk membuat perencanaan. Latihan dalam tahap ICOT untuk
menyusun teks cerita melalui perencanaan psycho. Siswa dapat berkreasi dan
berkreasi dengan memanfaatkan perencanaan jiwa dan mampu menyampaikan
cerita dengan konstruksi konvensional yang tepat.