Institusion
Universitas Muhammadiyah Palembang
Author
NURLAYLI INDAH SARI, NIM. 162020060
Subject
ilmu informasi
Datestamp
2024-05-28 05:17:51
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan ChatGPT dalam proses pembelajaran mahasiswa serta faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan ChatGPT di lingkungan Universitas Muhammadiyah Palembang. Metode kuantitatif diterapkan dengan menggunakan teori UTAUT-3 sebagai model penelitian. Kuisioner disebarkan kepada 384 mahasiswa aktif di lingkungan tersebut, dan pengujian model dilakukan dengan metode PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil analisis statistik, terbukti secara empiris bahwa Harapan Kinerja (Performance Expectancy), Kebiasaan (Habit), dan Keinovatifan Personal (Personnal Innovativeness) memperngaruhi niat mahasiswa dalam mengadopsi teknologi ChatGPT. Selain itu, faktor Kebiasaan (Habit) dan Niat Perilaku (Behaviour Intention) terbukti mempengaruhi perilaku mahasiswa terhadap penggunaan ChatGPT dalam kegiatan pembelajaran mereka. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa nilai mean semua variabel > 3. Hal ini mengindikasikan bahwa secara umum, responden setuju bahwa; 1) ChatGPT mampu meningkatkan produktivitas belajar mereka, 2) Interaksi dengan teknologi ChatGPT berjalan tanpa masalah, 3) Lingkungan sekitar mempengaruhi mereka menggunakan ChatGPT, 4) Responden tertarik dan senang menggunakan ChatGPT, 5) Penggunaan ChatGPT sudah menjadi kebiasaan bagi mereka, 6) Responden bersedia mencoba ChatGPT karena kecenderungan sebagai penggerak awal, 7) Responden siap untuk mengadopsi teknologi ChatGPT, dan 8) Responden sering menggunakan ChatGPT. Penemuan ini memberikan pemahaman yang lebih baik penerimaan dan penggunaan ChatGPT dalam konteks pendidikan di Universitas Muhammadiyah Palembang. Bagi Penelitian selanjutnya, disarankan untuk mempertajam fokus penelitian pada persepsi pengguna lain (seperti dosen atau administrator) karena studi ini masih terbatas pada persepsi mahasiswa