DETAIL DOCUMENT
RANCANG BANGUN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID: PENDIDIKAN KONSERVASI (PENKON) UNTUK ANAK-ANAK DI RAJA AMPAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Sorong
Author
SUHARDI, SUHARDI
Subject
ZA4050 Electronic information resources 
Datestamp
2025-02-26 02:30:57 
Abstract :
Media hiburan masa kini yang sangat melekat hampir disetiap kalangan dari yang muda hingga yang sudah dewasa adalah game dalam bentuk aplikasi. Game juga bisa menjadi media edukasi, namun jumlahnya masih sangat sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun suatu aplikasi game edukasi berbasis android untuk mengenalkan fauna dan flora yang mudah di pahami oleh anak?anak usia 8 ? 12 tahun di Raja Ampat. Metode pengembangan system yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa system aplikasi game edukasi Penkon berbasis android tentang pengenalan fauna dan flora endemic Raja Ampat berhasil dirancang dengan menggunakan tools Unity dan menggunakan Bahasa pemrograman C# dengan metode penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cicle), serta sesuai dengan hasil Blackbox testing yang telah dilakukan dimana sistem berjalan seperti yang direncanakan. Kemudian hasil implementasi dari aplikasi Game edukasi Penkon yang dilakukan sesuai berdasarkan usability testing dimana persentase kuesioner penilaian pengguna menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat dengan mudah digunakan oleh anak-anak usia 8 ? 12. Tujuan edukasi dari game ini pun telah sesuai dengan yang ingin dicapai oleh pengembang. Yang dibuktikan dengan perolehan interpretasi skor yang didapat yaitu lebih dari 80% dengan keterangan Sangat Setuju 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Sorong