Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
ANDI ASJAD FIRJATULLAH, ANDI ASJAD FIRJATULLAH
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2025-02-20 01:50:03
Abstract :
Big Donat dan Happy Donat adalah usaha donat yang terletak di Kota
Makassar. Big Donat dan Happy Donat sudah menjadi langganan bagi konsumen
dalam pembelian donat di Kota Makassar, konsumen sebelum melakukan
pembelian donat, terlebih dahulu mempertimbangkan atribut-atribut donat sesuai
dengan kepentingan dan pilihannya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan jenis produk, harga,
variasi topping dan volume penjualan pada Big Donat dan Happy Donat. (2)
Mendeskripsikan Atribut Preferensi Konsumen pada Big Donat dan Happy Donat.
(3) Menganalisis preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian donat di Big
Donat dan Happy Donat. (4) Menganalisis atribut yang paling dipertimbangkan
konsumen dalam membeli donat di Big Donat dan Happy Donat. Responden dalam
penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Big Donat dan Happy Donat
sebanyak 200 konsumen dan informan dalam penelitian ini ialah 1 orang pemilik
usaha dan 2 orang karyawan Big Donat dan Happy Donat. Metode analisis yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis konjoin.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Big Donat memiliki 2 jenis produk
yaitu donat kecil dan donat besar dengan harga Rp.20.000 dan Rp.25.000 adapun
toppingnya yaitu cokelat, vanilla, strawberry, oreo, keju, red velvet, tiramisu,
banana milk dan green tea. Happy Donat memiliki 2 jenis produk yaitu donat kecil
dan donat besar dengan harga Rp.18.000, Rp.32.000 dan Rp.30.000 adapun
toppingnya yaitu cokelat, vanilla, strawberry, oreo, keju, red velvet, tiramisu,
banana milk dan green tea. Produk Big Donat laku terjual sebanyak 4.350 box
dalam 1 bulan penjualan. Produk Happy Donat laku terjual sebanyak 2.375 box
dalam 1 bulan penjualan. (2) Atribut yang paling diminati konsumen pada Big
Donat yaitu harga Rp.25.000, rasa manis sekali, topping cokelat, tekstur lembut,
bentuk bulat kecil, aroma topping dan daya tahan 2 hari. Atribut yang paling
diminati konsumen pada Happy Donat yaitu harga Rp.32.000, rasa manis sekali,
topping oreo, tekstur lembut, bentuk bulat kecil, aroma topping dan daya tahan >2
hari. (3) Preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian pada big donat yaitu
topping cokelat, daya tahan 2 hari, rasa manis sekali, tekstur lembut, aroma topping,
bentuk bulat kecil dan harga Rp.25.000. Adapun Preferensi konsumen terhadap
keputusan pembelian pada happy donat yaitu topping oreo, harga Rp.30.000, daya
tahan >2 hari, tekstur lembut, aroma topping, rasa manis sekali dan bentuk bulat
kecil. (4) Atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam membeli Big
Donat dan Happy Donat yaitu Topping