Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Cezya Navila Atsnawi, Cezya Navila Atsnawi
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2025-02-20 01:50:08
Abstract :
Media sosial merupakan aktivitas dan perilaku di antara komunitas orang
yang berkumpul secara online. Media sosial akan mempengaruhi konsumen dari
pencarian informasi hingga perilaku pembelian. Pengaruh terbesar dari media
sosial terjadi pada tahap pencarian informasi dan tahap keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan jenis produk agrifood
yang dijual pada Bakulan Makdy, (2) Menganalisis promosi dan penjualan produk
Bakulan Makdy melalui media sosial, (3) Menganalisis keputusan pembelian
produk agrifood Bakulan Makdy dan (4) Menganalisis pengaruh media sosial dan
keragaman produk terhadap keputusan pembelian produk agrifood Bakulan
Makdy. Penelitian ini merupakan studi kasus pada Usaha Bakulan Makdy yang
bertempat di Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : Analisis Deskriptif, Uji
Statistik seperti Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Normalitas Data, Regresi Linear
Berganda, Uji Hipotesis seperti Koefisien Determinasi, Uji Serempak (Uji-F) dan
Uji Parsial (uji-t).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Bakulan Makdy memiliki 30
jenis produk tergolong ke dalam 4 kategori yaitu pertama kategori makanan berat,
kedua kategori kue kering, ketiga kategori kue basah dan keempat kategori lauk
pauk. Bakulan Makdy menjual produk dengan harga yang bervariasi berdasarkan
jenisnya dan ukuran produknya, (2) Bakulan Makdy melakukan promosi dengan 2
cara yaitu melalui offline dan online. Melalui offline, Bakulan Makdy
membagikan brosur dan kartu nama di keluarga, teman dan orang-orang di jalan
ketika sedang membagi ricebox untuk Jum?at Berkah. Melalui online, Bakulan
Makdy melakukan promosi melalui akun media sosial seperti Instagram,
Facebook dan Whatsapp dengan memposting produk yang dijual. Total
keseluruhan penjualan mulai dari bulan Januari hingga Desember adalah sebesar
Rp132.530.000. Rata-rata penjualan adalah sebesar Rp11.044.166/bulan.
Penjualan terbanyak Bakulan Makdy berada pada bulan Maret yaitu sebesar
Rp27.795.000 dan produk jualan yang terlaris adalah ricebox, (3) Keputusan
pembelian konsumen produk agrifood Bakulan Makdy menggunakan indikator
pengenalan masalah/kebutuhan, pencarian informasi evaluasi alternatif, keputusan
pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Adapun rekapitulasi variabel keputusan
pembelian memiliki total skor 2.197 berada pada kategori ?sangat setuju?. Hal
tersebut menunjukkan bahwa konsumen merespon menarik, konsumen
memutuskan membeli produk karena adanya keinginan dan kebutuhan, informasi
yang diberikan sangat membantu dalam memilih produk dan akan membeli
produk lagi setelah merasakan produk yang berkualitas, (4) Variabel media sosial
(X1) dan keragaman produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) nilai
signifikan 0,000 < = 0,05 yang artinya variabel media sosial (X1) dan
keragaman produk (X2) berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan
pembelian (Y). Media sosial (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) nilai
signifikan 0,002 < = 0,05 artinya media sosial (X1) secara parsial berpengaruh
signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian (Y). Keragaman produk (X2)
terhadap keputusan pembelian (Y) nilai signifikan 0,000 < = 0,05 artinya
keragaman produk (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian (Y). Variabel keragaman produk (X2) memberikan pengaruh yang
lebih besar pada keputusan pembelian (Y) dibandingkan variabel media sosial
(X1)