Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Nurul Aprilia, Nurul Aprilia
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2025-02-20 01:50:26
Abstract :
Celebrity Endorser dan brand image merupakan faktor penunjang terhadap
keputusan pembelian suatu produk. Celebrity endorser merupakan daya tarik dan
kredibilitas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.
Semakin baik peran celebrity endorser dalam iklan brownies browcyl cenderung
akan membuat keputusan pembelian semakin meningkat.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan varian produk dan
penjualan produk Browcyl, (2) Mendeskripsikan celebrity endorser dan brand dari
Browcyl, (3) Mendeskripsikan celebrity endorser, brand image, dan keputusan
pembelian konsumen Browcyl, (4) Menganalisis pengaruh celebrity endorser
terhadap brand image produk Browcyl, (5) Menganalisis pengaruh celebrity
endorser terhadap keputusan pembelian konsumen produk Browcyl, (6)
Menganalisis pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen
produk Browcyl, (7) Menganalisis pengaruh celebrity endorser terhadap
keputusan pembelian melalui brand image produk Browcyl. Penelitian ini
dilaksanakan di outlet Brownies Pisang Browcyl yang berlokasi di jl. A.P.
Pettarani yang berlangsung selama 3 (tiga) bulan, yaitu dari November 2023 ?
Januari 2024. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden
dengan pengambilan sampel menggunakan metode sampling purposive. Analisis
data menggunakan analisis deskriptif ? kuantitatif dan analisis SEM ? PLS.
ii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Produk Brownies Pisang Browcyl
mempunyai 9 varian rasa yaitu Unti original, Unti pandan, Unti coklat, Unti keju,
Unti choco almond, Unti cheese cream, Unti fla coklat, Unti tiramisu, Unti pandan
keju dengan range harga Rp. 45.000 ? Rp. 50.000. Total nilai penjualan selama 3
bulan pada Brownies Pisang Browcyl Outlet Pettarani Rp. 273.510.000 dengan
penjualan tertinggi yaitu varian unti original sebanyak 874 pcs, (2) Tumming Abu
sebagai celebrity endorser berperan penting dalam meningkatkan kesadaran dan
daya tarik Brownies Pisang Browcyl di kalangan milenial dan generasi Z. Melalui
konten di media sosial, Tumming memperkenalkan produk secara autentik,
memperkuat citra merek dan keterlibatan konsumen. Browcyl berhasil
memposisikan diri sebagai camilan sehat dan lezat dengan bahan alami, branding
yang seimbang antara rasa dan nutrisi, serta kemasan modern, (3) Variabel
celebrity endorser berada dalam kategori ?Setuju?, kemudian variabel brand
image berada pada kategori ?Sangat Sesuai?, selanjutnya variabel keputusan
pembelian berada pada kategori ?Sangat Setuju?, (4) Celebrity endorser
berpengaruh signifikan terhadap brand image dengan nilai p valuee 0,000, (5)
Celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan
nilai p valuee 0,002, (6) Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian
dengan nilai p valuee 0,000, (7) Celebrity endorser secara tidak langsung
berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu melalui brand image dengan
nilai p valuee 0,001.