Institusion
Universitas Muslim Indonesia
Author
Muh. Ichsan Ahmad, Muh. Ichsan Ahmad
Subject
S Agriculture (General)
Datestamp
2025-02-20 01:50:51
Abstract :
Setiap konsumen memiliki preferensi yang berbeda dari orang lain dalam
menentukan pilihan beras kemasan yang akan dibelinya, banyaknya pilihan beras
yang tersedia di pasaran dan dikombinasikan dengan begitu banyak macam atribut
yang dapat mempengaruhi keputusan dari konsumen dalam melakukan pembelian
beras kemasan.
Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengidentifikasi karakteristik
konsumen beras kemasan, (2) menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut
beras kemasan, (3) menganlisis pengambilan keputusan dalam pembelian beras
kemasan, (4) menganalisis pengaruh preferensi konsumen terhadap keputusan
pembelian beras kemasan dan (5) menganalisis tingkat kepuasan konsumen.
Penelitian ini dilaksanakan pada pasar tradisional yang ada di Kota Makassar
seperti Pasar Daya, Pasar Terong dan Pasar Pabaeng-baeng. Pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling dengan kriteria berusia 17 tahun ke atas dan
bersedia diwawancarai, adapun teknik yang digunakan dalam penarikan sampel
menggunakan rumus Lemeshow sebanyak 100 sampel. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini analisis deskriptif, CSI dan regresi linear berganda.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) karakteristik konsumen beras
kemasan pada pasar tradisional di Kota Makasaar adalah berusia rata-rata 33 tahun,
mayoritas berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan terakhir rata-rata SMA,
rata-rata tanggungan keluarga 3 orang per responden dengan rata-rata pendapatan
Rp.3.836.590/bulan. Kebutuhan akan beras di setiap bulannya rata-rata sebesar
21,55 kg, adapun rata-rata harga beli beras sebesar Rp.15.241 per kg. (2) Preferensi
konsumen dalam membeli beras kemasan adalah dengan tipe beras yang memiliki
warna putih bening, harga pada rentan Rp.14.000-Rp.15.000/kg, beras yang
beraroma, tingkat kebersihan bersih dari bulir gabah, bulir patah dan benda asing,
pulen, dayat tahan tidak mudah lapuk, tidak mudah berkutu dan tidak mudah
berbau, ukuran > 10 kg, tercantumnya informasi kualitas beras pada kemasan dan
lokasi yang terletak di sekitar pasar. (3) Keputusan pembelian konsumen dengan
aspek evaluasi pasca pemebelian dengan kategori berpengaruh sedangankan untuk
aspek mengenal kebutuhan, aspek pembelian, aspek evaluasi alternatif dan aspek
mencari informasi dengan masing-masing keterangan cukup berpengaruh. (4)
Berdasarkan hasil model regresi didapatkan bahwa variabel preferensi yang
memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian beras kemasan di
pasar teradisional hanya variabel aroma, variabel warna, variabel kebersihan dan
variabel lokasi. Adapun untuk variabel rasa, variabel daya tahan, variabel ukuran,
variabel harga dan variabel informasi nutrisi merupakan variabel preferensi yang
tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian beras kemasan
pada pasar tradisioanal di Kota Makassar. (5) Adapun pada tingkat kepuasan
konsumen diperoleh nilai sebesar 71,76% dengan kategori puas.