Abstract :
Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan anak. Untuk mengatasi anak yang kurangnya disiplin
orang tua wajib menanamkan pola asuh yang baik karena dengan menerapkan pola
asuh yang baik dapat membentuk karakter positif lainnya, seperti karakter disiplin.
Karakter disiplin merupakan salah satu karakter yang wajib ditanamkan sejak dini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua terhadap pembentukan
karakter disiplin peserta didik kelas IV SDN 1 Sekaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 1 Sekaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV, 6
orang tua siswa kelas IV, dan 6 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik
analisis data model Miles, Huberman, & Saldana serta menggunakan teknik triangulasi
sumber untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh. Hasil yang didapatkan dari
penelitian ini yaitu 1 orang tua menerapkan pola asuh otoriter, 1 orang tua menerapkan
pola asuh permisif, 4 orang tua dan guru kelas IV menerapkan pola asuh demokratis.
Serta orang tua dan guru menerapkan semua aspek karakter disiplin.