Abstract :
Era globalisasi yang semakin pesat sedikit banyak mempengaruhi tatanan
kehidupan manusia, bahkan disadari atau tidak telah menggerus nilai moral peserta
didik, penurunan dan kemerosotan nilai moral pada peserta didik di sekolah dasar
semakin hari kian semakin mengkhawatirkan. Jika dibiarkan akan mengakibatkan
kepribadian peserta didik menjadi buruk tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi
juga di lingkungan sekitarnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka perlu
ditanamkan nilai moral dan pendidikan karakter di sekolah dasar, salah satunya
menanamkan nilai moral pada diri peserta didik. Penelitian ini mempunyai tujuan
untuk mengetahui peran pendidik dalam menanamkan nilai moral pada peserta
didik di SDN 4 Made yang ditinjau dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
Jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 4 Made Lamongan. Subjek dalam penelitian ini yakni
pendidik atau guru (guru kelas II dan guru kelas V). Teknik pengumpulan data yang
dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dipakai
dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian
ini memakai teknik analisis data model Miles & Huberman serta memakai teknik
triangulasi metode/teknik untuk mengecek keabsahan data yang di dapat.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penanaman nilai moral oleh
guru kelas II dan guru kelas V yang ditinjau dari dimensi beriman, bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia pada aspek tolong menolong, saling
memaafkan, sopan santun, saling menghormati, tanggung jawab, disiplin dan
berbagi di setiap indikatornya sering dilakukan. Dengan penanaman nilai moral
tersebut, maka peserta didik akan memiliki kepribadian dan karakter yang baik.
Setiap indikator dalam setiap aspeknya juga sudah dilaksanakan oleh pendidik SDN
4 Made khususnya guru kelas II dan V dengan baik dan penuh tanggung jawab.