Abstract :
Intisari: Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan dan hasil belajar roll depan
melalui penerapan modifikasi alat pada murid SDN 469 Kalewangan, Kecamatan Larompong,
Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang diguanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan subjek penelitian berjumlah 20 orang murid kelas V murid SDN 469 Kalewangan,
Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu. Data dikumpulkan dengan melakukan dua teknik yaitu
teknik tes, berupa tes unjuk kerja gerak roll depan yang meliputi: tahap persiapan, tahap gerakan
dan tahap akhir gerakan dalam bentuk lembar observasi (score skill test) dan teknik non tes, berupa
pengamatan pembelajaran guru selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menujukkan bahwa
penerapan modifikasi alat dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar
roll depan pada murid SDN 469 Kalewangan, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu. Hal ini
terbukti dari ketuntasan belajar yang selalu meningkat secara signifikan dari pelaksanaan tindakan
pada siklus I sebesar 30% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85%.
Kata kunci: Roll depan, modifikasi alat