Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran senam irama melalui media audio visual pada murid kelas V SDN 18 Maroangin Kota Palopo. Jenis penelitian yang diguanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian berjumlah 20 orang murid kelas V SDN 18 Maroangin Kota Palopo. Data dikumpulkan dengan melakukan pengamatan dan catatan lapangan. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan media audio visual pada pembelajaran senama irama bagi murid kelas V SDN 18 Maroangin Kota Palopo menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran. Hal tersebut terbukti dari hasil pembelajaran senam irama dari siklus I, terdapat 6 orang murid atau sekitar 30% yang tuntas dengan nilai melebihi nilai KKM yaitu 75 dan 14 orang murid atau sekitar 70% yang tidak tuntas dengan nilai yang masih di bawah nilai KKM yaitu 75 dengan nilai rata-rata sebesar 68 dan masih kurang dari KKM 75 mengalami peningkatan pada siklus II yaitu terdapat 17 orang murid atau sekitar 85% yang tuntas dengan nilai melebihi nilai KKM yaitu 75 dan 3 orang murid atau sekitar 15% yang tidak tuntas dengan nilai yang masih di bawah nilai KKM yaitu 75 dengan nilai rata-rata sebesar 83 dan telah melebihi KKM yaitu 75. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar senam irama pada murid kelas V SDN 18 Maroangin Kota Palopo.
Kata kunci: Senam irama, media, audio visual