Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Bagaimana gambaran literasi digital siswa kelas VII di Mts Daarul Archam Tangerang, (2)Bagaimana gambaran pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di Mts Daarul Archam Tangerang, (3)Bagaimana pengaruh literasi digital terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas VII Mts Daarul Archam Tangerang. Serta perbedaan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih antara siswa yang menggunakan Literasi Digital dengan siswa yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental. Jumlah populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Daarul Archam Tangerang dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 60 siswa yaitu kelas VII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes pemahaman konsep berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang valid dan reliabel. Untuk pengujian hipotesis posttest dari hasil uji t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelas eksperimen dengan menggunakan literasi digital jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional, (2) Siswa menunjukkan pemahaman yang cukup baik tentang thaharah dalam pembelajaran fiqih, (3) Literasi Digital ini terbukti menjadi alat yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran fiqih dan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan efektif. Hal ini dapat diartikan bahwa pemahaman siswa dengan menggunakan Literasi Digital lebih tinggi daripada menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Literasi Digital, Pemahaman Siswa, Fiqih.