Abstract :
Meskipun pentingnya pendidikan karakter melalui pembelajaran kisah Nabi Muhammad Saw telah disadari, tetapi masih terdapat tantangan untuk mengimplementasikannya secara efektif. Metode pembelajaran yang kurang variatif dan hanya berfokus pada penyampaian materi secara tekstual seringkali kurang menarik minat peserta didik. Selain itu, kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter dan kisah Nabi Muhammad Saw juga menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1). Bagaimana penerapan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran kisah Nabi Muhammad Saw di kelas VII Mata pelajaran PAI di Pondok Pesantren Daar El-Huda. (2). Bagaimana strategi pembelajaran penerapan pendidikan karakter melalui kisah Nabi Muhammad Saw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menentukan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakan analisis data yang meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Terakhir keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1). Penerapan nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kisah Nabi Muhammad Saw di kelas VII PAI di Pondok Pesantren Daar El-Huda Curug diterapkan dengan cara membuat jurnal refleksi mingguan dan mengimplementasikan sifat Nabi Muhammad Saw melalui kegiatan yang telah diterapkan. 2). Strategi pembelajaran penerapan pendidikan karakter melalui kisah Nabi Muhammad Saw yaitu menggunakan metode story telling, metode diskusi kelompok, metode audio visual, dan metode role-play serta metode kreativitas peserta didik.
Kata kunci : Pendidikan karakter, Pembelajaran, Kisah Nabi Muhammad Saw