Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan sikap positif terhadap prestasi belajar PAI kelas 11 di SMAN 11 kab.Tangerang. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel X (sikap positif) dan variabel Y (prestasi belajar PAI). Sampel yang dipilih adalah 72 siswa dari populasi sebanyak 249 siswa di SMAN 11 Kab.tangerang. Untuk menganalisanya penulis menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Dalam penelitian ini terdapat sikap positif dikategorikan sedang, Hal ini terbukti dari analisis regresi linier sederhana dengan nilai koefisien korelasi terbesar 0.440 yang artinya menyatkan bahwa pengaruh antara kedua variabel. Hasil penelitian Prestasi Belajar PAI termasuk kedalam kategori ?sedang? dengan rata-rata nilai sebesar 59,72 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 30. Berdasarkan data hasil uji t diperoleh nilai signifikasi (sig) 0,00 < 0,05 dan thitung sebesar 4,102 > ttabel sebesar 0,229, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sikap positif terhadap prestasi belajar PAI kelas 11 diSMAN 11 kab.Tangerang. hal ini diperkuat oleh R Square atau koefisien determasi yang diperoleh sebesar 0,194 yang menyatkan variabel X memiliki pengaruh kontribusi sebesar 29,4% terhadap variabel Y, dan sisa lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel.Berdasarkan penyajian dan analisis data tentang pengaruh sikap positif terhadap prestasi belajar PAI kelas 11 di SMAN 11 kab.tangerang maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan sikap positif terhadap prestasi belajar PAI kelas 11 di SMAN 11 kab.Tangerang.
Kata kunci : Prestasi belajar, Sikap positif.