Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perilaku Konsumtif Terhadap
Penggunaan Shopee Paylater Konsumen Muslim di Jabodetabek.Perilaku
konsumtif dalam penelitian ini berkaitan dengan tabzir, israf, dan tasyabuh.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menggunakan angket
sebagai teknik pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di wilayah atau area
Jabodetabek. Data diproleh dari penyebaran kuisioner sebanyak 100 Responden.
Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi logistik dengan
bantuan IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya
pengaruh yang signifikan antara perilaku konsumtif dan shopee paylater.
Berdasarkan hasil uji hipotesis, variabel yang sangat berpengaruh terhadap shopee
paylater adalah israf diperoleh angka signifikasi (sig) sebesar 0,029. Hal ini
menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan pada uji hipotesis ini karena
angka signifikasi kurang dari 0,05 Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha
yang menyatakan perilaku konsumtif berpengaruh terhadap penggunaan shopee
paylater konsumen muslim di Jabodetabek.