Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Jamkesmas dan Faktor- faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta Jamkesmas Pada Puskesmas TombianoKecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari obyek penelitian melalui wawancara langsung kepada responden sedangkan data sekunder yaitu data yang bersumber dari puskesmas Tombiano. Data di Analisis secara kualitatif deskriptif untuk menggambarkan permasalahan penelitian serta memberikan penjelasan-penjelasan
Hasil Penelitian menunjukan bahwa : Kualitas Pelayanan Kesehatan perserta Jamkesmas di Puskesmas Tombiano tentang Reliabily (kehandalan), Empaty dan Tangible (bentuk fisik ) berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan masyarakat khususnya peserta Jamkesmas , sedangkan variabel Responsveness (daya Tanggap) dan Assurance (Jaminan) belum berjalan dengan baik karena belum mengakomodasi kebutuhan pelayanan pada program Jamkesmas Faktor yang berpengaruh pada Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Jamkesmas di Puskesmas Tombiano Kabupaten Tojo Una-Una yaitu Pelatihan dan terbatasnya biaya opersional.