DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TOJO UNA-UNA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Abidin, Zainal
Subject
JF1338 Public administration 
Datestamp
2020-01-14 04:36:47 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una. dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada umumnya sudah baik dari segi efesiensi, efektivitas, responsivitas, reability dan tangibles. Namun perlu peningkatan. terutama sumberdaya manusia yang bertugas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tojo Una-Una dan ketepatan pelayanan. Serta pada pendidikan dan pelatihan aparatur sebagai upaya peningkatan pelayanan bukan hanya untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap aparatur tetapi sekaligus merupakan prasyarat pertimbangan pembinaan karir dan prestasi kerja secara efektif dan efisien. Fasilitas sarana pelayanan secara kuantitas masih belum memadai, sehingga masin perlu upaya untuk melengkapinya. 

Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso