Abstract :
Dalam Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 menjelaskan bahwa kesehatan
adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang
memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Dan
juga telah ditetapkan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan.
Oleh karena itu, setiap elemen masyarakat baik individu, keluarga, berhak
memperoleh pelayanan atas kesehatanya dan pemerintah bertanggung jawab
mencanangkan, mengatur menyelenggarakan dan mengawasi penyelenggaraan
kesehatan secara merata dan terjangkau oleh masyarakat.Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan puskesmas di Kelurahan
Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah kualitatif. Dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif
dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dan
dilengkapi dengan data kuesioner kepada masyarakat dan survey langsung untuk
memperoleh data-data yang diperlukan tentang bagaimana kualitas pelayanan
kesehatan dipuskesmas.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, kinerja
aparatur sipil negara terhadap kualitas pelayanan kesehatan pada puskesmas
Kelurahan Kayamanya Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso menjalankan tugas
dengan cukup baik. Dari segi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance,
Empathy. Faktor yang mempengaruhi yaitu faktor kesadaran, faktor organisasi.