Abstract :
Tujuan peneliti ini adalah mengetahui peran guru dalam mengatasi
kejenuhan belajar pada masa pandemi Covid-19 SD Inpres Desa Tandoyondo
Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan tipe penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Inpres Desa
Tandoyondo Kecamatan Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi
Tengah, jenis data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder, tehnik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan
hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam mengatasi kejenuhan
belajar pada masa pandemi covid-19 Sd Inpres Desa Tandoyondo Kecamatan
Soyo Jaya Kabupaten Morowali Utara berusaha untuk berperan lebih baik lagi,
dalam penelitian ini penulis menemukan ada dua faktor-faktor yang
mempengaruhi yaitu waktu dan jarak tempuh.