DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBASIS VIRTUAL MUSEUM PADA MATA KULIAH SEJARAH NASIONAL INDONESIA DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
Syarifuddin, Syarifuddin
Subject
L7-991 Education (General) 
Datestamp
2023-04-11 13:50:06 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran pelaksanaan pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia, mengembangkan model konseptual, model prosedural, dan model fisikal bahan pembelajaran hybrid learning berbasis virtual museum. Pada muara pembelajaran diharapkan muncul kemampuan retensi yang menghasilkan pengetahuan dan sikap nasionalisme. Model prosedural VIRAL (Virtual Reality Learning) mengadopsi Model Borg and Gall Edisi 4, Borg and Gall Edisi 8, Roblyer and Doering dan Rowntree. Peneliti mengembangkan website www.virtualmuseumindonesia.com untuk online learning. Sementara untuk pembelajaran tatap muka digunakan bahan pembelajaran cetak. Aplikasi virtual reality menggunakan softwareUnity3D. Uji teoretis dilakukan oleh pakar dan uji empiris dilakukan secara one to one, small group dan field test. Hasil uji empiris berupa pretest-posttest dan pengukuran sikap melalui kuesioner. Hasil pre test-post test yang dihitung melalui statistik deskriptif dan gain score menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil kuesioner sikap nasionalisme mahasiswa dikategorikan baik. Hal ini berarti bahan pembelajaran ini efektif digunakan pada Mata Kuliah Sejarah Nasional VI. 
Institution Info

Universitas Sriwijaya