Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
NURJAYANTI, BETHA HASRI
Agustien, Melawaty
Subject
TA1001-1280 Transportation engineering
Datestamp
2023-04-17 06:35:17
Abstract :
Peran transportasi dalam kehidupan manusia sangat penting karena setiap hari umumnya manusia
melakukan aktivitas di tempat berbeda dengan tempat mereka tinggal. Adapun aktivitas yang
dilakukan meliputi berbagai kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belanja, belajar (pendidikan) dan
lain-lain. Dalam melakukan aktivitas tersebut, manusia kadang kala dihadapkan pada beberapa
pilihan moda transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai tempat tujuan misalnya dengan
menggunakan angkutan kota, bus kota, kereta api maupun kendaraan pribadi.
Dalam pemilihan moda oleh mahasiswa UNSRI, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi
minat mahasiswa untuk menggunakan bus mahasiswa dan kereta api yang berasal dari persepsi
mahasiswa ketika menggunakan moda tersebut antara lain faktor kenyamanan, keamanan,
keselamatan, tarif moda, biaya untuk mencapai moda, waktu tempuh moda, waktu untuk
mencapai moda dan aksesibilitas.
Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data sekunder
meliputi data jumlah mahasiswa UNSRI yang aktif kuliah pada tahun ajaran 2008/2009 yang
diperoleh dari BAKK UNSRI serta literature-literatur yang mendukung lainnya. Sedangkan data
primer dipeoleh dari survey pendahulu dan pelaksanaan survey dengan w'awancara mahasiswa
dengan menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian dengan menggunakan metode logit biner menghasilkan model yang kemudian
dapat digunakan untuk menghitung peluang mahasiswa menggunakan kereta api atau bus
mahasiswa. Dari semua faktor yang dianggap mempengaruhi minat mahasiswa dalam pemilihan
moda diketahui bahwa faktor kenyamanan merupakan faktor dominan (12,858 kali lipat) yang
mempengaruhi minat mahasiswa dalam pemilihan moda pada waktu berangkat dan faktor waktu
tempuh moda merupakan faktor dominan (3,319 kali lipat) yang mempengaruhi minat mahasiswa
dalam pemilihan moda pada waktu pulang kuliah.