Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
PUTRI, ARMETASYA SALLY EKA
Subject
371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Datestamp
2025-03-10 06:08:07
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMKN 4 Bojonegoro. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig < 0,05), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, hasil rata-rata pretest yang rendah dan rata-rata posttest yang mencapai 94,0% menunjukkan bahwa intervensi tersebut efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat diterapkan dalam pembelajaran setiap tahunnya. Berpikir kritis yang melibatkan penilaian yang rasional dan berbasis bukti, serta kemampuan untuk melakukan interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi, sangat penting dalam pengembangan karakter dan keterampilan siswa. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan karakter harus diajarkan secara bersamaan untuk mendukung perkembangan psikologi siswa secara holistik.