Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
DIMAS NOVI SAPUTRI (STUDENT ID : 20175501260185)
M. ROMADLON HABIBULLAH (LECTURER ID : 2109058801)
MIDYA YULI AMRETA (LECTURER ID : 2130079101)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Datestamp
2022-05-18 08:28:16
Abstract :
Membaca mempunyai peranan penting dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan kritis. Pada dasarnya kemampuan dan ketrampilan membaca harus dilatih sejak dini. Kegiatan membaca pada umumnya kurang disukai terutama usia anak Sekolah Dasar. SDN Kebonharjo II termasuk salah satu lembaga yang didalamnya masih terdapat siswa yang belum bisa membaca terutama pada siswa kelas satu. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan proses penggunaan media Flanel Toys dan hambatan dalam implementasi media Flanel Toys untuk meningkatkan daya tarik membaca pada siswa kelas I di SDN Kebonharjo II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu interpretasi terhadap isi disusun secara sistematis / menyeluruh dan sistematis. Sebagai sarana untuk meneliti kegiatan membaca siswa dengan media flanel toys. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media flanel toys disesuaikan dengan gambar yang ditempelkan. Kemudian disebelah gambar dipasangkan huruf huruf yang membentuk kata seperti gambar tersebut, dan dalam implementasi ada dua hambatan yang mempengaruhinya. 1) faktor dari dalam siswa (internal) dan 2) faktor dari luar siswa (eksternal). Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah kontribusi dari guru serta orang tua dalam meningkatkan motivasi membaca siswa.