DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Produk Handphone Merek Oppo Di Counter M. Cell Oesapa Kupang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
MURDANYANTI, Avelina
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-11-15 03:23:01 
Abstract :
Counter M.Cell Oesapa Kota Kupang merupakan salah satu Counter yang menjual banyak merek handphone. Salah satu jenis produk handphone yang dijual di Counter M.Cell Oesapa Kota Kupang ialah handphone merek Oppo. Data penjualan handphone merek Oppo dari 2019-2021 mengalami penurunan. Masalah dalam penelitian ini 1). Bagaimana persepsi konsumen tentang kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek, minat beli, dan gambaran keputusan pembelian konsumen pada smartphone Oppo di Counter M.Cell Oesapa Kota Kupang? 2). Apakah kesadaran merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada smartphone Oppo di Counter M.Cell Oesapa Kota Kupang? 3). Apakah Kesadaran Merek Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada smartphone Oppo di Counter M.Cell Oesapa Kota Kupang? 4). Apakah minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Oppo di Counter M.Cell Oesapa Kota Kupang? 5). Apakah minat beli memediasi pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada smartphone Oppodi Counter M.Cell Oesapa Kota Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah melakukan pembelian handpone diCounter M. Cell Oesapa Kota Kupang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan, yaitu sebanyak 21 indikator dan dikalikan 5, sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 responden. Dengan menggunakan teknik purposivesampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner data diolah menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kesadaran merek berada pada skor 70%, persepsi kualitas 71%, asosiasi merek 75%, loyalitas merek 70%, minat beli 73% dan keputusan pembelian 75%. Semua variabel termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa: 1). Kesadaran merek berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli. 2). Persepsi kualitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. 3). Asosiasi merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. 4). Loyalitas merek berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. 5). Kesadaran merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 6). Persepsi kualitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 7). Asosiasi merek berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. 8). Loyalitas merek berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. 9). Minat beli berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. 10). Minat beli memediasi kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi variabel minat beli sebesar 87% sisanya 13% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Koefisien determinasi dari variabel keputusan pembelian sebesar 88% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Counter M.Cell Oesapa Kota Kupang disarankan, agar lebih memperhatikan fitur camera dan fokus pada battery, sehingga merek Oppo tetap menjadi merek yang diminati oleh konsumen. Juga lebih mempertimbangkan harga per tipe dalam memasarkan produk Oppo, agar harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas dari setiap tipe dari Smartphone Oppo. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang