DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pabrik Tahu Pink Jaya Oebufu-Kupang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
MUDE, Maria Satima
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2022-11-17 00:07:52 
Abstract :
Tingginya persaingan penjualan antar pabrik dan penurunan penjualan tahu selama 2 tahun terakhir mengindikasikan adanya sumber daya usaha yang belum dioptimalkan pihak manajemen termasuk kualitas produk, harga, dan promosi. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran persepsi konsumen tentang kualitas produk, harga, promosi dan keputusan pembelian, dan untuk mengetahui signifikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara simultan maupun parsial. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Tahapan analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas dan dilanjutkan dengan analisis deskriptif serta analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis statistik hingga penentuan nilai koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa persepsi konsumen tentang Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian adalah sangat baik. Hal ini didasarkan pada hasil analisis deskriptif terhadap keseluruhan variabel dimana rata-rata kategori persepsi responden terhadap Kualitas Produk adalah 87.40, Harga dengan rata-rata 86.72, Promosi dengan rata-rata 85.38, Keputusan Pembelian dengan rata-rata 85,38. Secara parsial variabel Kualitas Produk, Harga, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dari hasil uji t X1 dengan nilai signifikansi sebesar 0.008, uji t X2 dengan nilai signifikansinya sebesar (-0.881), dan uji t X3 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Keseluruhan hasil uji t lebih kecil dari tingkat alfa yang digunakan yaitu 0.05 (5%). Oleh karena itu, disimpulkan bahwa secara parsial kedua variable bebas Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan Harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan, hasil uji simultan (uji F), diperoleh nilai signifikansi 0.000 yakni lebih kecil dari tingkat alfa yang ditetapkan yaitu 0.05 (5%) dan diketahui pula ketiga variabel bebas secara simultan mempengaruhi variabel Keputusan Pembelian (Y) sebesar 51.50%, dan 48.50% lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan atau diukur dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan di atas, diharapkan agar manajemen Pabrik Tahu Pink Kupang perlu meningkatkan kualitas tahu agar ada kesesuaian antara harga yang diberikan dengan kualitas tahu yang diterima oleh konsumen, meninjau kembali kesesuaian antara harga yang diberikan dengan kualitas tahu, menerapkan model promosi lainnya utamanya dengan memanfaatkan media digital yang saat ini mampu menjangkau seluruh masyarakat, dan melakukan identifikasi faktor-faktor keunggulan yang dimilikinya untuk dapat dipertahankan atau ditingkatkan dalam rangka menarik minat beli konsumen. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang