Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
ADOE, Antonio Ernando
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Datestamp
2022-11-17 23:49:07
Abstract :
Jalan H. R Koroh yang menghubungkan Kota Kupang dengan Kabupaten Kupang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui angka kecelakaan dan daerah rawan kecelakaan (black site) pada ruas jalan H. R Koroh segmen 1 (sta 0+000) ? segmen 9 (sta 2+700) Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Data korban kecelakaan lalu lintas tahun 2015?2017 diperoleh dari satuan lalu lintas kota kupang Kupang. Berdasarkan data tersebut, dihitung angka kecelakaan dengan metode EAN (Equivalent Accident Number) dan dianalisa untuk mendapatkan daerah rawan kecelakaan dengan menggunakan metode BKA (Batas
Kontrol Atas) dan UCL (Upper Control Limit).
Hasil analisis menunjukkan bahwa segmen 4 (EAN = 66) dan segmen 6 (EAN = 75) teridentifikasi black site karena memiliki angka kecelakaaan EAN melebihi dari batas kontrol BKA dan UCL, dimana pada segmen 4, BKA = 38,69, UCL = 38,88 dan pada segmen 6, BKA = 38,69, UCL = 39,84.