DETAIL DOCUMENT
Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan E-KTP (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
GUDINO, Ana Maria Maya
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-11-18 00:16:39 
Abstract :
Skripsi ini berjudul: ?Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka?. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan e-ktp di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruh kepuasan masyarakat dalam pelayanan e-ktp di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. Penelitian bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat dalam pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. Metode peneitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian adalah survey. Secara menyeluruh yang bertujuan untuk memberikan gambaran, pengamatan, dan informasi secara rinci dan sistematis terhadap permasalahan yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan cara observasi, kuesioner, dokumentasi. Data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan E-KTP pada 13 indikator kepuasan masyarakat adalah masih kurang baik. Dimana pada 13 indikator tersebut 8 indikator masuk dalam katogori kurang baik, cukup baik 3 indikator dan baik 2 indikator ?. Berdasarkan tanggapan responden tentang kinerja aparat dalam pelayanan E-KTP belum terlaksana dengan sempurna sebab masih banyak adanya tanggapan responden yang masuk dalam kategori ketegori kurang baik, cukup baik, dan baik. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti bahwa kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan dari aparat/petugas pelayanan E-KTP kurang memuaskan khususnya dalam pelayanan harus lebih meningkatkan pelayanan-pelayanan yang dibutuhkan masyarakat khususnya dalam pelayanan E-KTP sebagaimana aparat pemerintah yang lebih dekat kepada masyarakat. Serta kedelapan unsur yang masih dalam kategori kurang baik untuk lebih diproritaskan agar dapat berkualitas kedepannya. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang