Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Simanjuntak, Sheryl Febry Irianti
Subject
005.13 Bahasa Pemrograman
Datestamp
2025-02-27 07:38:23
Abstract :
Bengkel merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang usaha otomotif seperti
usaha menengah kebawah bengkel menyediakan spare part motor yang lengkap
tidak hanya itu bengkel secara umum juga melayani service motor dan menerima
service ringan maupun service berat untuk segala jenis merek motor. Hendri
Motor merupakan salah satu bengkel yang berada di piayu yang sudah banyak
memiliki konsumen yang pada setiap bulannya menerima service motor di Kota
Batam, lokasinya strategis karena dekat dengan pemukiman yang banyak
memiliki motor. Tingkat kerusakan motor yang bisa di kategorikan kerusakan
motor yaitu rusak ringan, rusak sedang, maupun rusak berat karena kebanyakan
pemakai lebih memilih ganti oli tiap sebulan sekali ternyata ada juga yang lewat
dari jangka waktu yang di tentukan untuk menggantikan oli misalkan bisa sampai
2 bulan sampai 5 bulan tidak mengantikan oli yang baru. Analisa diperlukan
untuk melihat pola dari data konsumen sehingga dapat menghasilkan probabilitas
service motor yang nantinya akan berguna untuk di kategorikan dalam service
yang ringan ataupun service berat. Dari data konsumen yang begitu banyak, maka
dilakukan Data Mining dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes . Hasil dari
kegiatan mining ini diharapkan dapat memberikan sebuah keputusan untuk
melihat pola prediksi perilaku konsumen service motor.