Abstract :
Di dalam dunia perdagangan tidak pernah luput dari yang nama nya persaingan,
persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan agar berhasil daIam persaingan yang
semakin selektif ini dapat menciptakan dan mempertahankan konsumen. Setiap
bisnis pasti bisa melakukan pemasaran untuk memenuhi keinginan konsumen dan
kebutuhan, karena semua ini sangat mempengaruhi kepuasan konsumen. Jika
pelanggan mendapatkan layanan dan kebutuhan sesuai yang diharapkan, maka
pelanggan memiliki perasaan puas kemudian berkemungkinan akan terus
menggunakan produk dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisa pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap kepuasan pembelian
pada PT Bintang Lima. Sampel yang diambil dengan teknik sempel jenuh adalah
teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan menjadi sampel,
dan teknik pengumpulan data menggunakan metode survey melalui kuesioner.
Ukuran besarnya sampel yang diambil dengan semua anggota populasi adalah
sebesar 163 responden. Metode pengolahan data menggunakan metode regresi
linear berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solution)
versi 21. Berdasarkan hasil pengujian, dapat diketahui bahwa promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pembelian, Kualitas produk
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pembelian, serta promosi
dan kualitas produk secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pembelian.