DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara penerimaan diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada remaja putri
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Author
Kusumandari, Adenita
Subject
Faculty of Psychology 
Datestamp
2020-11-16 03:15:02 
Abstract :
Sebagai makhluk hidup manusia memiliki berbagai kebutuhan yang harus terpenuhi, baik kebutuhan primer maupun kebutuhan sekunder. Namun, pada banyak kasus individu mengkonsumsi produk tidak berdasarkan kebutuhan, melainkan karena hasrat dan keinginan saja. Hal tersebut membuat individu menjadi berlebihan dalam membeli barang-barang atau bisa disebut memiliki perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dengan perilaku konsumtif belanja online pada remaja putri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penerimaan diri dan skala perilaku konsumtif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 remaja putri di Kota Madiun dengan teknik penggambilan sampel menggunakan metode incidental sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara penerimaan diri dan perilaku konsumtif (r = -0.640 ; p = 0.001). Penerimaan diri mempunyai sumbangan efektif sebesar 41% terhadap perilaku konsumtif, sedangkan 59% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun