Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresi pada anak pra sekolah dengan pembelajaran bermain peran. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 anak di TK Perwanida yang memiliki karakteristik sebagai berikut: (1) anak kurang dapat berperilaku sosial dengan teman sebaya. (2) usia 4-6 tahun. (3) menunjukkan perilaku agresif kepada teman-temannya. Penelitian dilakukan secara non random dengan menggunakan teknik purposive sampling menggunakan metode wawancara (pada orang tua dan guru) dan observasi yang dibantu oleh staf pengajar di tempat penelitian tentang perilaku anak sehari-hari.
Hasil penelitian yang di lakukan peneliti menunjukkan bahwa bermain
peran dapat mengurangi perilaku agresif pada anak prasekolah di TK Perwanida.
Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil presentase sebelum dan sesudah diberi
perlakuan. Perlakuan yang diberikan peneliti mencapai keberhasilan peneliti yaitu
ditiga tertinggi. Hasil ini juga ditunjang dengan data wawancara yang
menunjukkan bahwa perilaku agresif dapat mengurangi perilaku agresif anak
prasekolah di TK Perwanida.