Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap smartphone android merek Samsung dan menganalisis strategi Business PT Samsung Electronics
Indonesia pertahankan posisi nomor satu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah aksidental sampling. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dan analisis SWOT.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian smartphone android merek Samsung adalah variabel X2 yaitu faktor pribadi, dengan nilai t hitung sebesar 3,518 dan nilai sig. sebesar 0,001. Sedangkan indikator faktor pribadi yang memiliki pengaruh dominan adalah X21 yaitu usia dan tahap siklus hidup dengan
nilai r-hitung 0,356. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa faktor sosial, pribadi, dan psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Perpaduan antara regresi linier berganda dan analisis SWOT menghasilkan Strategi ST, yaitu menciptakan produk yang bernilai ekonomis sesuai dengan kemampuan daya beli masyarakat, khususnya kelas bawah.