DETAIL DOCUMENT
Analisis tingkat konsumtif masyarakat dengan adanya pusat perbelanjaan Madiun Plasa dan Suncity Mall di Kota Madiun
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandala Madiun
Author
Pratama, Adhitya
Subject
TX Home economics 
Datestamp
2019-04-20 06:05:05 
Abstract :
Kota Madiun dalam beberapa tahun terakhir mengalami perubahan dan peningkatan dalam segala hal, tak terkecuali di bidang ekonomi. Salah satu bentuk perubahan itu adalah berdirinya Madiun Plasa dan Suncity Mall. Banyaknya jenis produk yang ditawarkan di Madiun Plasa dan Suncity Mall mampu menarik minat masyarakat Kota Madiun untuk berbelanja, apalagi ditambah dengan promo dan diskon. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi frekuensi dan tingkat peminatan kunjungan, tingkat konsumtif dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumtif dengan adanya Madiun Plasa dan Suncity Mall. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang responden, dimana teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah simple random sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif skor ideal (kriterium). Hasil skor kriterium menunjukkan bahwa frekuensi kunjungan dan tingkat minat belanja ke Madiun Plasa dan Suncity Mall adalah cukup sering berkunjung dan cukup suka berbelanja dikedua pusat perbelanjaan tersebut. Sedangkan pada identifikasi tingkat konsumtif menunjukkan cukup konsumtif dengan adanya Madiun Plasa dan Suncity Mall. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang mempengaruhi untuk berbelanja di Madiun Plasa dan Suncity Mall, yaitu harga, diskon, akses, faktor keamanan, dan event-event/kegiatan yang diadakan oleh kedua pusat perbelanjaan tersebut. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun