Abstract :
Ledre pisang raja adalah produk olahan makanan ringan yang diproses dengan tradisional. Makanan ini dapat dikonsumsi kalangan muda sampai orang dewasa dikarenakan memiliki harga terjangkau. Produk ini dapat disajikan sebagai makanan ringan keluarga yang memiliki rasa gurih, manis dan aroma khas ledre. Pisang raja berperan sebagai perasa pada produk ledre ini. Tujuan dari analisis usaha produksi ledre pisang raja, dapat melakukan proses produksi sampai dengan proses pengemasan dan pemasaran, dapat menganalisis usaha dan menerapkan bauran pemasaran produk ledre pisang raja. Pelaksanaan tugas akhir ini dilaksanakan di Desa Alasgumg Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro pada 5 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021. Metode analisis usaha yang digunakan yaitu BEP (produksi) dan BEP (harga), R/C Ratio dan ROI. Hasil analisis BEP (produksi) sebesar 9,50 kemasan dengan total produksi sebanyak 14 kemasan, BEP (harga)sebesar Rp. 10.181,7 dengan harga jual Rp. 15.000,-. R/C Ratio sebesar 1,47 dan ROI sebesar 15,53% , maka usaha produksi ledre pisang raja layak untuk diusahakan. Pemasaran menggunakan dua saluran pemasaran yaitu pemasaran langsung dan tidak langsung. Kata Kunci : Ledre, Pisang Raja dan Analisis Usaha