Abstract :
Penelitian ini menganalisis desain rangka kendaraan hemat energi menggunakan struktur ladder frame berbahan aluminium 6061 dengan dua struktur material: decacomb dan hollow. Simulasi dilakukan untuk mengevaluasi efek pembebanan statis pada kedua material dalam hal tegangan maksimum, deformasi (displacement), dan faktor keamanan (factor of safety). Material decacomb menunjukkan tegangan maksimum sebesar 21,50 MPa dan displacement sebesar 0,51 mm pada tumpuan beban pengemudi dan mesin dengan pembebanan statis 70 kg (686 N). Sebaliknya, material hollow menunjukkan tegangan maksimum 27,94 MPa dan displacement sebesar 1,06 mm pada tumpuan as roda belakang, yang menunjukkan deformasi lebih besar. Material decacomb memiliki factor of safety minimum sebesar 12,84, lebih tinggi dibandingkan hollow yang hanya mencapai 9,88, menunjukkan distribusi beban yang lebih baik dan keandalan struktural yang lebih tinggi. Oleh karena itu, desain rangka decacomb lebih efisien digunakan pada kendaraan hemat energi karena memiliki ketahanan terhadap beban dan deformasi yang lebih baik.