DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PROGRAM ELECTRONIC GOVERNMENT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KELURAHAN PEJERUK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Terbuka
Author
I NYOMAN WIJNYANA SUGIHARTA
Subject
50 Ilmu Administrasi Negara-S1 
Datestamp
2023-12-11 09:02:28 
Abstract :
Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi penting karena pelayanan publik yang baik selalu menjadi kebutuhan masyarakat. Kerjasama antara administrasi publik (administrasi) dan teknologi membantu pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi informasi melalui program electronic government untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif berdasarkan metode penelitian kepustakaan. Penelitian literatur adalah teknik pengumpulan informasi melalui penelaahan dan pengumpulan berbagai buku, literatur, catatan, dan laporan yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan pembentukan e-government bertujuan untuk meningkatkan transaksi pelayanan publik, tidak dibatasi oleh hambatan waktu dan lokasi serta dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Dalam perkembangan sistem manajemen dan pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, negara harus segera melaksanakan proses konversi ke administrasi elektronik. Penggunaan program E-Sampan pada Kantor Kelurahan Pejeruk merupakan salah satu wujud dari penerapan e-government untuk meningkatkan pelayanan kepada publik atau masyarakat. E-Sampan yang merupakan aplikasi pelayanan administrasi dan kependudukan sudah memenuhi indikator kemudahan penggunaan, kepercayaan, keandalan. 

Institution Info

Universitas Terbuka