DETAIL DOCUMENT
PELAYANAN PUBLIK PADA PELAKSANAAN OPERASI PENCARIAN DAN PERTOLONGAN DI BADAN NASIONAL PENCARIAN DAN PERTOLONGAN (BASARNAS)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Terbuka
Author
YOKO TRI WAHYONO
Subject
50 Ilmu Administrasi Negara-S1 
Datestamp
2023-12-11 09:02:30 
Abstract :
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik pada pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dan upaya apa saja yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Metode penelitian ialah pendekatan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini subyek penelitian ialah masyarakat yang mengenal dan atau merasakan langsung pelayanan jasa Operasi Pencarian dan Pertolongan yang dijadikan sebagai informan atau responden. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan publik pada pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan telah baik jika dilihat dari komponen standar pelayanan berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dalam meningkatkan pelayanan publik yaitu melakukan survey kepuasan masyarakat, meningkatkan fasilitas sarana prasarana dan melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan. 

Institution Info

Universitas Terbuka