DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI LAYANAN PINDAH INSTANSI MELALUI SISTEM INFORMASI APARATUR SIPIL NEGARA (SIASN) DI KANTOR REGIONAL XII BKN PEKANBARU
Total View This Week0
Institusion
Universitas Terbuka
Author
ESTERINA SIHOMBING
Subject
50 Ilmu Administrasi Negara-S1 
Datestamp
2023-12-11 09:02:34 
Abstract :
Pemerintah saat ini terus mengupayakan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kantor Regional XII BKN Pekanbaru (Kanreg XII BKN) sebagai penyelenggara layanan kepegawaian di wilayah Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Kepulauan Riau sudah menggunakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dikenal dengan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) yang diterapkan guna perbaikan layanan publik khususnya manajemen kepegawaian dan kualitas data pegawai. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas implementasi SIASN dalam layanan pindah instansi di wilayah kerja Kanreg XII BKN serta mendeskripsikan hambatan dan manfaatnya bagi pengguna layanan dan menganalisis upaya untuk meningkatkan impementasi layanan tersebut. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi/pengamatan dan juga dokumentasi. Adapun hasil/ temuan yang diperoleh berdasarkan penelitian bahwa 96,8% memahami penggunaan layanan pindah instansi melalui SIASN dan 100% menyatakan layanan pindah instansi SIASN mudah diakses, mempermudah pelayanan, mempercepat layanan serta menghemat biaya layanan. Kesimpulannya adalah layanan pindah instansi melalui SIASN di Kanreg XII BKN sudah berjalan efektif, melalui sistem ini layanan menjadi lebih mudah, cepat, akuntabel, transparan dan hemat anggaran. 

Institution Info

Universitas Terbuka