DETAIL DOCUMENT
Systematic Literature Review: Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Terbuka
Author
M. REZKI AISJI SYAPUTRA
Subject
50 Ilmu Administrasi Negara-S1 
Datestamp
2023-12-11 09:02:36 
Abstract :
Masa pandemi Covid-19 ialah masa yang membuat perubahan cukup besar dibagian sektor pelayanan publik, pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan upaya-upaya untuk memberikan pelayanan yang optimal dan berkualitas. Terutama dimasa pandemi pemerintah lebih mengoptimalkan layanan publik berbasis elektronik dan memanfaatkan media sosial. Penerapan e-goverment di sektor pelayanan publik ini melibatkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat yang harus beradaptasi dan menyesuaikan perkembangan era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di masa pandemi Covid-19. Metode yang diterapkan adalah systematic literature review, dengan menggunakan Google Scholar dan Google Books. Ditemukan 11 Artikel dan 5 Buku sebagai sumber data yang relavan dengan topik penelitian, metode dilakukan dengan cara mengindetifikasi, menilai dan menginterpretasi suatu topik penelitian untuk menjawab research questions yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini mengacu pada dimensi Berwujud (tangibles), Kehandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance), Perhatian (empathy) yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan publik dan merupakan faktor penentu tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di masa pandemi Covid-19. 

Institution Info

Universitas Terbuka