Abstract :
ABSTRAKDi dalam proses bisnis PLN salah satu layanan yang diberikan yaitu perubahan daya, dimana hampir setiap tahun PLN selalu mengadakan promo tambah daya untuk menarik agar pelanggan mengajukan penambahan daya. Untuk mencapai realisasi permohonan tambah daya, PLN ULP Nanga Bulik tentunya harus menerapkan strategi yang efektif dan efisien dalam melakukan promosi. Seiring dengan perkembangan zaman terdapat berbagai macam tools aplikasi yang memudahkan dalam menjalankan kegiatan bisnis. Salah satunya yaitu aplikasi wablaster, sebuah aplikasi yang dapat mengirimkan pesan kepada pengguna whatsapp dengan jumlah yang besar tetapi dapat dilakukan dalam waktu yang singkat dan mudah. Dalam penelitian kali ini penulis mencoba meneliti bagaimana pengaruh apabila informasi mengenai promo tambah daya dibagikan kepada pelanggan melalui whatsapp dengan bantuan aplikasi wablaster dibanding dengan realisasi 2 tahun sebelumnya, serta sejauh mana tingkat efisiensinya. Dalam pelaksanaannya penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif guna memberikan perbandingan fakta dan data mengenai permasalahan yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2023 melalui proses promosi dengan bantuan aplikasi wablasting, terjadi kenaikan permohonan tambah daya sebesar 0,645% (dibanding 2021) dan 0,828% (dibanding 2022) dari rasio jumlah pelanggan ditahun promo berjalan. Selain itu promosi menggunakan wablaster juga lebih efisien dibanding menggunakan spanduk maupun poster. Oleh sebab itu penulis menyimpulkan bahwa promosi promo tambah daya melalui aplikasi whatsapp dengan tools wablasting dinilai efektif serta efisien dan memberikan pengaruh positif terhadap rasio pelanggan mengajukan tambah daya.