DETAIL DOCUMENT
KAJIAN MENINGKATKAN OMSET PENJUALANUMKM BIDANG FASHION DI KECAMATAN NGUNUT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Terbuka
Author
DELLA YESICA RANI
Subject
53 Ekonomi Pembangunan-S1 
Datestamp
2023-12-11 09:02:46 
Abstract :
AbstrakKarya ilmiah ini merupakan hasil penelitian penulis setelah melakukan riset terhadap bisnis UMKM bidang fashion di Kecamatan Ngunut. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisa faktor pendukung pengembangan UMKM di bidang fashion. Juga untuk mengkaji media online yang digunakan sebagai sarana penjualan. UMKM merupakan tonggak dasar yang mendukung perkembangan perekonomian nasional. UMKM berperan penting dalam menciptakan kesejahteraan yang merata karena turut berkontribusi untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas. Oleh karena itu, UMKM harus mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung serta menghambat laju pertumbuhan bisnisnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menerapkan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 10-unit UMKM yang bergerak di bidang fashion yang berlokasi di Kecamatan Ngunut. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa faktor pendukung dan penghambat kemajuan bisnis dapat bersumber dari internal maupun eksternal UMKM tersebut. Kendala yang sering terjadi ialah maraknya produk impor yang masuk ke pasar lokal dengan harga jauh lebih murah sehingga lebih menarik minat konsumen. Penelitian ini pun menyimpulkan bahwa pemanfaatan media promosi yang maksimal akan menunjang peningkatkan pemasaran produk sehingga UMKM dapat berkembang lebih pesat. 

Institution Info

Universitas Terbuka