Abstract :
Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah lemahnya guru dalam menggali potensi peserta didik. Para guru seringkali memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat, dan bakat yang dimiliki peserta didiknya. Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Berdasarkan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik yang rendah, dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode demonstrasi dalam muatan pelajaran IPA tentang magnet untuk peserta didik kelas VI SD Negeri Ciputat 01. Dengan mengambil subjek penelitian sebanyak 28 peserta didik, pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Melalui media, metode demonstrasi, hasil refleksi dan pengamatan, maka ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik mulai dari Siklus I dengan rata-rata 71,4 dan Siklus II rata-rata 83,9. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan metode demonstrasi dalam muatan pelajaran IPA tentang magnet untuk peserta didik kelas VI SD Negeri Ciputat 01.