Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung pada mata pelajaran IPA materi magnet. Penyampaian materi oleh guru masih belum bervariasi dan cenderung monoton sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep magnet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi magnet melalui metode eksperimen (percobaan). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa. Peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan klasikal pembelajaran magnet siswa pada setiap siklus, dari 52% (prasiklus), meningkat menjadi 72% pada siklus I dan siklus II meningkat kembali menjadi 93%. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi magnet pada siswa kelas VI SDN 056 Garuda Dadali Kota Bandung.