DETAIL DOCUMENT
OPTIMALISASI KINERJA UNIT PENYELENGGARA BANDAR UDARADALAM ASPEK PELAYANAN PENUMPANG PESAWAT UDARADI BANDAR UDARA GEWAYANTANA TAHUN 2021-2022
Total View This Week0
Institusion
Universitas Terbuka
Author
EKNASUS MELKISUA TAUHO
Subject
71 Ilmu Pemerintahan-S1 
Datestamp
2023-12-11 09:01:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja UPBU dalam aspek pelayanan penumpang pesawat udara di Bandar Udara Gewayantana tahun 2021-2022. Permasalahan mendasar yang terdapat di UPBU Gewayantana adalah belum memadainya fasilitas pelayanan bagi pengguna jasa penerbangan, tidak tersedianya moda transportasi lanjutan bagi penumpang yang akan meninggalkan Bandar Udara Gewayantana berupa taxi airport, tidak tersedianya troly bagasi, belum terdapat konsesi dan arena beramain anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative approach) karena sifat dari penelitian ini adalah mencari dan menggali informasi dari informan pangkal dilapangan. Mengacu hasil audit internal level of sevice terhadap kinerja UPBU dalam aspek pelayanan penumpang berdasarkan data yang diperoleh peneliti dan observasi lapangan, ditemukan bahwa aspek pelayanan untuk Proses Keberangkatan dan Kedatangan Penumpang dalam kategori = A (Istimewa), tingkat Kenyamanan dalam kategori = C (Baik), dan aspek fasilitas pemberi nilai tambah dalam kategori = D (cukup). Setelah dilakukan wawancara dengan pengelola UPBU Gewayantana diperoleh kesimpulan bahwa kinerja UPBU aspek Pelayanan dapat dikembangan sehingga memenuhi tuntutan pelayanan public yang baik bagi pengguna jasa penerbangan dan penumpang pesawat udara dengan cara melakukan pemenuhan standar minimal pelayanan pada aspek tingkat kenyamanan dan penyediaan prasarana dan sarana fasilitas pemberi nilai tambah yang akan dilakukan melalui usulan program sesuai ketersediaan dan alokasi anggaran. 

Institution Info

Universitas Terbuka