DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK PBB-P2DI KECAMATAN TUNGKAL ILIR KABUPATENTANJUNG JABUNG BARAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Terbuka
Author
ARIANI SAVITRI
Subject
54 Manajemen-S1 
Datestamp
2023-12-11 09:01:59 
Abstract :
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kualitas pelayanan PajakBumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) dan dampak dari upaya peningkatankualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di KecamatanTungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data meliputi; wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalampenelitian ini adalah Camat Tungkal Ilir, Kepala Desa/Kelurahan dan Ketua RT dengan carapenentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik keabsahan data yangdigunakan yaitu triangulasi sumber.Hasil penelitian menyatakan bahwa upaya peningkatan kualitas pelayanan Pajak Bumidan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) dapat dilakukan dengan melakukan pelayanansecara nyata sesuai dengan teori Hardiansyah yaitu memberikan pelayanan publik; pertama,bukti langsung; kedua, keandalan; ketiga, ketanggapan; keempat, jaminan; dan kelima, empatiatau kedekatan. Sedangkan dampak dari upaya peningkatan kualitas pelayanan Pajak Bumi danBangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) terwujudnya transparansi pelayanan, akuntabilitaspelayanan, penyesuaian kondisi pelayanan dan mendorong partisipasi masyarakat yang adauntuk mencapai target pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2)di Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat. 

Institution Info

Universitas Terbuka