Abstract :
Perpustakaan sekolah ialah perpustakaan yang dibangun untuk memenuhi informasi siswa,guru dan staff yang berada di sekolah tempat perpustakaan itu berada. Perpustakaan Sekolah mempunyai peran penting dalam penyelenggaraan sebuah sekolah, khususnya dalam penyediaan bahan pustaka baik itu berupa buku paket maupun buku bacaan penunjang pembelajaran siswa guna meningkatkan wawasan keilmuan para siswa dan civitas akademika pada umumnya. Mengacu pada Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan pemerintah pada tahun 2018, termasuk didalamnya Gerakan Literasi Sekolah, maka penulis ingin membahas bagaimana peran serta upaya yang dilakukan perpustakaan sekolah SMA Negeri 2 Muara Muntai terhadap keberadaan pojok baca kelas dalam rangka mensukseskan gerakan literasi sekolah dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sehingga dengan penelitian ini dapat diketahui peran dan upaya apa saja yang dilakukan perpustakaan sekolah SMA Negeri 2 Muara Muntai dalam pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Sebuah sekolah dinilai berhasil dalam program Gerakan Literasi Sekolah nya jika literasi para citivas akademiknya meningkat, termasuk didalamnya minat baca siswanya juga meningkat. Hal ini terlihat dari kenaikan grafik peminjaman buku maupun penggunaan fasilitas perpustakaan dikalangan siswa.